Diuji, Internet 4.5G XL Tembus 300 Mbps

By | October 18, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – XL mulai menguji coba jaringan internet 4.5G yang kecepatan unduhnya diklaim bisa mencapai 300 Mbps. Kecepatan itu dua kali lipat dibandingkan jaringan 4G LTE XL yang secara teori bisa sampai 150 Mbps.

Pembangunan jaringan 4.5G sendiri sudah dimulai sejak Juni lalu dan direncanakan rampung per November 2016.

Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, implementasi jaringan 4.5G merupakan komitmen XL untuk memenuhi imbauan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara.

Menurut dia, menteri mengimbau semua operator untuk menyiapkan teknologi 4.5G dalam rangka menyambut Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan. Karenanya, persiapannya harus digenjot dari sekarang.

“Kalau saat ini kami uji coba masih di empat wilayah. Tahun depan baru mulai di Palembang dan beberapa kota lain supaya 2018 sudah ready untuk Asian Games,” ia menjelaskan, Rabu (12/8/2016) dalam acara media gathering di Grha XL, Jakarta.

Adapun empat wilayah uji coba pertama yang dimaksud meliputi Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. XL belum mengumbar tanggal pasti komersialisasi jaringan 4.5G di empat kota tersebut.

“Pokoknya November sudah selesai pembangunannya. Nanti mungkin 2017 bisa mulai komersil sambil ekspansi ke kota-kota lain,” kata dia. 

Menggunakan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive.

Secara teknis, jaringan 4.5G itu dimungkinkan teknologi kombinasi multi-signal 4T4R MIMO. Ada empat sinyal transmit dan empat sinyal receive untuk menghantarkan jaringan data internet.

Selama ini, pada 4G LTE, proses pengiriman dan penerimaan jaringan cuma menggunakan 2T2R alias dua transmitter dan dua receiver. Nah, karena sinyal penghantarnya ditambah masing-masing dua, kecepatan 4G pun bisa meningkat dua kali lipat sehingga disebut 4.5G.

Untuk membuktikan kebolehan 4.5G dengan 4T4R ini, XL mengujinya dengan speed test di depan awak media. Hasilnya menunjukkan kecepatan mencapai 274.53 Mbps kala itu.

Sebagai perbandingan, XL juga menguji kecepatan jaringan 4G LTE yang masih menggunakan mekanisme 2T2R. Hasilnya, kecepatannya cuma 120 Mbps saat itu.

Rahmadi optimis implementasi 4.5G menggunakan 4T4R ini bakal marak pada 2017 mendatang. Sebab, nanti handset pendukung 4T4R pun diprediksi semakin banyak.

Saat ini, kata dia, cuma Galaxy S7 yang sudah mendukung 4T4R. Perangkat lainnya yang diharapkan segera masuk Indonesia adalah iPhone 7.

“Tapi itu kan masih tunggu kejelasan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN),” ujarnya.

Sebenarnya ada satu lagi perangkat yang sudah mendukung 4T4R dan seharusnya kini ada di Tanah Air, yaitu Galaxy Note 7. Sayangnya, pada awal pekan ini seri Note teranyar itu harus berhenti diproduksi dan dijual akibat isu pada baterainya.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/13/15445957/diuji.internet.4.5g.xl.tembus.300.mbps

Leave a Reply