Fitur Baru Instagram Datang, “Pemutih-Pelangsing” Hilang

By | September 15, 2016

KOMPAS.com – Pengguna Instagram kini bisa memanfaatkan fitur baru untuk menyaring komentar berisi kata-kata yang dinilai tidak pantas atau iklan. Kemampuan ini sangat ditunggu terutama oleh para selebritas Instagram yang postingan-nya sering ditunggangi iklan-iklan di bagian komentar.

Iklan yang kerap muncul di komentar Instagram, antara lain obat pemutih, pelangsing, dan penambah tinggi badan. Promosi tersebut menumpang popularitas akun-akun Instagram dengan jumlah follower yang masif dan bunyi iklannya sama sekali tak berkaitan dengan isi postingan.

Fitur ini tersedia dalam update aplikasi Instagram versi terkini itu diumumkan oleh pendiri Instagram Kevin Systrom lewat sebuah postingan blog perusahaan.

“Dengan fitur ini Anda bisa mendaftarkan kata-kata yang dianggap ofensif atau tidak pantas. Komentar yang mengandung kata-kata tersebut akan disembunyikan dari posting Anda,” tulis Systrom, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Independent, Selasa (13/9/2016).

Untuk mengaktifkan filter komentar, pengguna cukup masuk ke bagian Setting di laman profil aplikasi Instagram. Di sana ada menu baru bernama “Comments”.

Instagram Fitur baru untuk menyaring komentar di Instagram

Di dalam “Comments” tersedia opsi bernama “Hide Inappropriate Comments” untuk mengaktifkan filter.

Tepat di bawahnya terdapat kolom untuk memasukkan tambahan kata-kata yang juga ingin disaring (custom keyword), di luar yang disaring secara default oleh Instagram.

Tambahan ini bisa berupa kata-kata, angka, atau emoji yang tidak dikehendaki.

Saat filter aktif, maka komentar-komentar yang mengandung kata-kata dimaksud akan disaring secara otomatis dari semua posting pengguna, termasuk yang sudah diunggah sebelum mengaktifkan filter.

Komentar-komentar tersebut tidak dihapus, tapi hanya disembunyikan dari pandangan pengguna dan akan kembali tampak apabila filter dinonaktifkan.

Instagram berharap penambahan filter komentar bisa membuat pengguna Instagram merasa lebih nyaman dalam berbagi foto.

“Kami tahu tools ini bukan solusi satu-satunya untuk mengatasi masalah yang kompleks. Namun kita bisa bekerja sama membuat Instagram sebagai tempat yang aman untuk mengekspresikan diri,” tulis Systrom.
Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/09/13/15211077/fitur.baru.instagram.datang.pemutih-pelangsing.hilang

Leave a Reply