Google Rilis Aplikasi “Chatting” Pintar Allo

By | September 25, 2016

KOMPAS.com – Setelah aplikasi video call Google Duo meluncur pada Agustus lalu, kini giliran aplikasi chatting Google Allo yang dirilis Google. Aplikasi chatting tersebut sudah tersedia di toko aplikasi Play Store maupun App Store untuk sebagian pengguna.

Di Indonesia sendiri, pantauan KompasTekno, Kamis (16/8/2016), Google Allo di Play Store dan App Store sudah menampakkan wujudnya, tapi belum bisa di-install. Pengguna untuk sementara hanya bisa melakukan registrasi agar kelak diberitahu bila aplikasi sudah siap unduh.

Allo merupakan salah satu primadona pada ajang kumpul developer Google I/O yang diselenggarakan di San Francisco, AS, beberapa bulan lalu. Kala itu untuk pertama kalinya Google memperkenalkan duet Duo dan Allo, bersamaan dengan sistem operasi Andorid N yang kini jadi Nougat.

Duo dan Allo punya irisan yang sama, yakni sebagai medium komunikasi maya. Jika Duo berwujud layanan video-call serupa Skype, maka Allo lebih mirip Line dan WhatsApp.

Integrasi Google Assistant

Keunggulan Allo dibandingkan layanan serupa adalah integrasi dengan Google Assistant yang akan membantu pengguna dalam menggali informasi apa saja. Secara sederhana, Allo bisa difungsikan untuk mengobrol maya inter-personal (one-on-one chat), beramai-ramai (group chat), hingga mengobrol dengan Google Assitant.

Google Assistant mampu menjabarkan semua informasi yang berseliweran di internet. Misalnya saja ketika Anda menanyakan restoran terdekat, sejarah pembangunan suatu kota, informasi cuaca, hingga resep makanan.

Dengan begitu, hanya lewat satu aplikasi chatting, Anda bisa sekaligus mencari berbagai informasi dan membahasnya dengan teman-teman tanpa beranjak ke aplikasi lain, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget.

Anda juga bisa meminta Google Assistant di Allo untuk memperlihatkan daftar e-mail masuk di tanggal tertentu, melihat agenda di kalendar, dan hal-hal lainnya yang terhimpun di akun Google Anda.

Bahkan, Anda bisa meminta Google Assistant di Allo untuk menampilkan foto tertentu dari Google Photos. Cukup gunakan bahasa sehari-hari seperti “show me my pictures of dog” (tunjukan foto-foto anjing saya), lalu sekejap Anda bisa mengakses konten yang Anda inginkan di Allo.

Belum jelas kapan Google akan memboyong Allo untuk pengguna Indoensia. Jika berpatok pada Google Duo, dalam hitungan hari seharusnya Allo sudah bisa diunduh pengguna Tanah Air.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/09/22/14130017/google.rilis.aplikasi.chatting.pintar.allo

Leave a Reply