Grup WhatsApp Yang Di-“mute” Kini Tetap Berbunyi

By | September 28, 2016

KOMPAS.com – Pembaruan WhatsApp membawa sebuah fitur yang sudah lama dinanti. Lewat versi 2.16.272 di Android dan iOS, WhatsApp merilis fitur mention atau “mencolek” teman di grup percakapan.

Menggunakan fitur yang satu ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih awas saat di-mention.

Pasalnya, fitur tersebut akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi saat pengguna di-mention, meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Sebelumnya, jika pengguna mute sebuah grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun. Sehingga pengguna seringkali tidak menyadari sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Baca: Cara Bikin Huruf di WhatsApp Jadi Tebal dan Miring

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan atau menekan karakter “@” (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol “@” di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan.

Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

Baca: Cara Stop WhatsApp Serahkan Data Anda ke Facebook

Untuk percakapan personal, fitur mention tidak tersedia karena sudah merupakan percakapan langsung. Fitur mention juga belum tersedia di WhatsApp versi web.

Selain fitur mention, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Radar, Rabu (21/9/2016), WhatsApp dalam waktu dekat juga akan merilis fitur panggilan telepon video (video call). Langkah ini diambil WhatsApp untuk menyaingi Google yang telah merilis Duo lebih dahulu.

Namun, untuk fitur video call ini, pengguna iOS kabarnya bakal menikmatinya lebih dahulu daripada Android.

Baca: Cara WhatsApp Tangani Semiliar Pengguna dengan 57 Orang

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/09/21/11060017/grup.whatsapp.yang.di-.mute.kini.tetap.berbunyi

Leave a Reply