Inikah Penyebab Kelangkaan IPhone 7 “Jet Black”?

By | September 29, 2016

KOMPAS.com – Keterbatasan stok membuat duo Apple. Lebih-lebih varian warna baru, Jet Black, yang banyak diburu.

Sejumlah pembeli batch pertama terpaksa menelan kecewa karena iPhone 7 Plus dengan warna hitam mengilap ini ludes terjual.

Mengapa duo Apple sampai saat ini tidak menyebutkan alasan resminya. Namun, analis andal dari KGI Securities, Ming Chi Kuo, mengaku punya jawabannya. 

Kuo dikenal sebagai peramal ulung yang kerap kali bisa memberikan bocoran akurat mengenai perangkat terbaru Apple sebelum resmi diluncurkan.

Baca: Pembeli Pertama iPhone 7 Merasa Beruntung Sekaligus Kecewa

Menurut Kuo, varian warna yang satu ini memang lebih sulit diproduksi dibandingkan warna-warna iPhone 7 yang lain. Duo iPhone 7 itu sendiri juga hadir dalam warna silver, gold, rose gold, dan black.

Menurut dia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari UberGizmo, Selasa (28/9/2016), tingkat keberhasilan produksi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus warna Jet Black hanya sebesar 70 persen.

Artinya, sebanyak 30 persen iPhone 7 dan iPhone 7 Plus warna Jet Black yang diproduksi gagal memenuhi standar kualitas Apple dan tak bisa dijual.

Baca: Harga iPhone 7 BM di Jakarta Tembus Rp 25 Juta

Apple sendiri pernah menjelaskan bahwa varian Jet Black memang sulit dikerjakan. Warna ini berbeda dari varian “black” standar yang tidak mengilap.

Warna Jet Black membutuhkan proses yang disebut sebagai “nine-step anodization” dan pemolesan lebih lanjut yang memberikan kilau.

Sudah langka, varian Jet Black gampang tergores pula sehingga Apple merekomendasikan pengguna untuk membeli casing pelindung. 

Baca: Hati-hati Jika Ingin Beli iPhone 7 “Jet Black”

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/09/27/10412367/inikah.penyebab.kelangkaan.iphone.7.jet.black.

Leave a Reply