Kamera Google Pixel Diklaim Ungguli IPhone 7, Ini Buktinya

By | October 5, 2016

KOMPAS.com — Sesuai perkiraan, dalam acara yang digelar Rabu (5/10/2016) dini hari WIB tadi, Google meresmikan smartphone terbarunya yang bernama Pixel.

Salah satu fitur unggulan Pixel adalah kamera 12 megapiksel yang diusungnya. Pantauan KompasTekno dari acara live streaming, Google mengklaim bahwa ponsel pintarnya tersebut dibekali dengan kamera terbaik saat ini.

Sebagai bukti, sang raksasa internet itu menyodorkan catatan skor DXO Mark Pixel sebesar 89 poin. Angka tersebut lebih unggul dibandingkan flagship lain macam iPhone 7 dan Galaxy S7 Edge, yang selama ini selalu bercokol di puncak klasemen DXO Mark.

Baca: Google Resmikan Android Pixel dan Pixel XL Pengganti Nexus

DXO Mark adalah tools benchmark yang menilai dan mencatat kemampuan sensor kamera dalam menangkap detail-detail kecil dalam gambar, termasuk dalam kondisi pencahayaan yang kurang ideal.

“(Pixel) terutama unggul dalam menyajikan tingkat detail sangat tinggi dari kamera 12,3 megapiksel miliknya, dengan tingkat noise (bintik) relatif rendah di semua kondisi cahaya,” komentar DXO Mark dalam laman hasil pengujiannya.

Bergerak di bidang digital imaging, DXO Mark kerap kali melakukan pengukuran kemampuan penangkapan gambar dari berbagai perangkat, termasuk DSLR, compact camera, dan smartphone.

Berbagai parameter pengujian diterapkan seperti kualitas tangkapan warna, kinerja autofokus, serta tingkat detail dan noise.

Baca: Mengenal Teknologi Kamera Ganda di iPhone 7 Plus

Sensor 12,3 megapiksel pada Pixel dipadukan dengan lensa diafragma f/2.0. Google turut menanam fitur HDR+ yang bekerja dengan mengambil beberapa frame gambar secara cepat lalu menggabungkannya untuk mengurangi blur dan noise.

Ada juga fitur video stabilization yang bekerja dengan mengambil data sebanyak 200 kali per detik dari gyroscope ponsel untuk mengompensasi goyangan, bahkan juga mengurangi efek rolling shutter.

Hasil pengujian DXO Mark atas kamera Google Pixel selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/05/06555477/kamera.google.pixel.diklaim.ungguli.iphone.7.ini.buktinya

Leave a Reply