Lewat Mi Mix, Xiaomi Berhasil Salip IPhone 8?

By | November 1, 2016

KOMPAS.com – Kemunculan smartphone high-end Mi Mix dari Xiaomi pekan lalu menimbulkan kejutan sekaligus decak kagum. Bagaimana tidak, layar ponsel yang berukuran 6,4 inci tersebut memiliki bingkai (bezel) sangat tipis sehingga tampak seperti tak berbatas.

Desain Mi Mix begitu menarik mata sehingga situs Cult of Mac yang dikenal serba Apple memujinya sebagai “smartphone tercantik yang pernah dibuat”. Disebutkan pula bahwa Mi Mix boleh jadi memberikan gambaran mengenai perubahan desain yang akan diterapkan oleh Apple dalam iPhone 8 tahun depan.

“Fans iPhone telah lama mengeluhkan bahwa bingkai di sekitar layar ponsel mereka terlalu tebal, tapi Apple belum mampu mengurangi ukurannya. Bahkan, iPhone 7 Plus merupakan salah satu phablet dengan ukuran fisik terbesar yang ada sekarang,” tulis Cult of Mac sedikit mengkritik.

Mi Mix memiliki rasio perbandingan ukuran layar dengan bodi jauh lebih besar dari iPhone 7 Plus, yakni 91,3 persen berbanding 67,7 persen. Perbedaan ini membuat Xiaomi mampu menyematkan layar 6,4 inci dalam ukuran bodi yang nyaris hanya sebesar iPhone 7 Plus (layar 5,5 inci).

Senada dengan Cult of Mac, The Verge mengutarakan dugaan yang sama. Apalagi Apple sebelumnya memang dikabarkan menyimpan desain fisik baru untuk iPhone 8, sementara iPhone 7 dibiarkan mirip pendahulunya.

Dari segi fisik, hanya sedikit perubahan yang bisa dilakukan karena smartphone high-end masa kini sudah mengusung layar dan bahan bodi berkualitas tinggi seperti logam dan kaca.

“Yang bisa ditingkatkan dari desain iPhone yang ada selama ini adalah material dan bingkai layar,” kata The Verge, sambil menambahkan bahwa Apple mungkin akan turut memakai bahan keramik seperti pada arloji pintar Apple Watch seri terbaru.

Jika dugaan-dugaan di atas benar, maka Mi Mix bisa disebut telah berhasil “menyalip” iPhone 8 dalam hal penerapan desain smartphone masa depan.

Apa rahasia layar “edgeless” Mi Max? Xiaomi menerapkan beberapa inovasi untuk mewujudkan tampilan menarik ponsel ini, seperti memakai panel layar dengan sudut membulat, serta sensor jarak berbasis teknologi ultrasonik dan cantilever piezoelectric ceramic sebagai pengganti speaker earpiece dan proximity sensor konvensional.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/31/11120047/lewat.mi.mix.xiaomi.berhasil.salip.iphone.8.

Leave a Reply