Pesona Motorola Yang Bikin Lenovo Kepincut

By | October 15, 2016

KOMPAS.com – Motorola memiliki sejarah panjang sebagai perusahaan teknologi besar, salah satunya perangkat gadget. Mereka memiliki lini produk ponsel yang luas, sebelum akhirnya diakuisisi Google dan diambil alih Lenovo pada 2014 lalu.

Lantas, pesona apa yang dimiliki Motorola sehingga membuat Lenovo “kepincut” untuk meminangnya dari Google?

Dalam file presentasi Lenovo kepada para investornya, Lenovo menjelaskan bahwa keduanya akan menjadi kombinasi yang unggul.

Motorola pada akhir tahun fiskal 2013-nya memiliki revenue sebesar 4,7 miliar dollar AS. Mereka juga memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di industri mobile.

Di samping itu, Motorola memiliki produk-produk ponsel yang dikenal luas dengan brand awareness yang kuat, seperti seri Razr.

Lenovo juga melihat Motorola memiliki hubungan yang kuat dengan peritel dan operator seluler di kawasan Amerika Utara dan Amerika Latin, pasar di mana Lenovo masih lemah.

Selain itu, akuisisi Motorola juga berarti memberi akses Lenovo kepada kemampuan riset dan desain, serta memiliki hak kekayaan intelektualnya, seperti paten-paten teknologi Motorola.

Dengan demikian, Motorola akan melengkapi portofolio produk Lenovo untuk bersaing di semua segmen, dari segmen ponsel murah hingga mahal.

Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh President & Asia Pacific Lenovo Smartphone Sales, Dillon Ye, saat bertandang ke Indonesia, Agustus 2015 lalu.

Kala itu, Dillon mengatakan bahwa produk-produk Motorola akan diposisikan sebagai brand premium, sementara produk-produk Lenovo akan mengisi celah menengah ke bawah.

Sementara di sisi lain, Lenovo telah memiliki brand yang kuat di China dan Asia Pasifik, keunggulan produk bernilai tinggi dengan harga lebih terjangkau, serta memiliki manajemen rantai pemasokan dan operasional yang lebih efisien.

Akuisisi ini juga sejalan dengan strategi “Protect and Attack” Lenovo, di mana perusahaan China itu akan mengembangkan (protect) bisnis PC dan lebih ekspansif (attack) di ranah mobile internet dan digital home (smartphone).

Bersiap come back ke Indonesia?

Motorola telah menjadi bagian dari Lenovo setelah akuisisi dari Google pada Oktober 2014 lalu. Lenovo mengakuisisi Motorola dengan nilai 2,91 miliar dollar AS (sekitar 35 triliun).

Lenovo sempat mengatakan akan merilis smartphone Motorola pertamanya di Indonesia pada akhir 2015 lalu, namun terhalang oleh aturan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) ponsel 4G.

Satu-satunya produk Motorola yang kembali dipasarkan di Indonesia pasca-akuisisi Lenovo adalah jam tangan pintar Moto 360.

Baca: Motorola Lahir Kembali di Indonesia Lewat Moto 360

Kini, tanda-tanda kehadiran kembali Motorola di pasar Indonesia pun kian menguat. Di antaranya adalah munculnya nama Android Motorola Moto M dan moto E di situs Dirjen SDPPI Kominfo.

Pertanda lain adalah Facebook Moto Indonesia yang kembali menunjukkan aktivitasnya, serta peluncuran produk-produk Moto di negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Bukan tidak mungkin duo Android Motorola itu akan segera menyapa pengguna di Indonesia dalam waktu dekat.

Baca: Indikasi Kuat Kehadiran Kembali Ponsel Motorola di Indonesia

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/14/10420397/pesona.motorola.yang.bikin.lenovo.kepincut

Leave a Reply