Praktisi Photoshop Komentari Foto Sungai Jakarta

By | September 16, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Puji-pujian sedang deras mengalir ke Dinas Kebersihan DKI Jakarta. Salah satunya berkat foto-foto wajah sungai ibukota yang diunggah ke media sosial.

Foto-foto tersebut memperlihatkan sudut-sudut sungai Jakarta yang bersih dari timbunan sampah. Hal ini berbeda jauh dari pemandangan lazim pada tahun-tahun sebelumnya.

Meski demikian, ada saja masyarakat yang menyimpan curiga. Menurut Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji, mulanya banyak yang mengira foto-foto sungai bersih tersebut adalah hasil editan aplikasi pengolah foto Adobe Photoshop. (Baca: Wajah Sungai di Jakarta Kerap Disangka Photoshop)

Di sebuah forum online, ada pula yang menganggap foto sungai Jakarta yang beredar telah diedit. Pasalnya, sungai Jakarta dianggap masih kotor atau belum sebersih yang tampak di foto.

Salah satu foto yang juga dipertanyakan keasliannya diunggah oleh Dinas Kebersihan DKI Jakarta pada bulan Juni lalu. Foto tersebut memperlihatkan sebuah kali berwarna biru yang bebas sampah dengan latar belakang gedung bertingkat di salah satu sudut kota Jakarta.

Foto tersebut di-repost oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di akun Instagram-nya. Salah satu netizen yang juga follower Ahok di Instagram menuliskan komentarnya.

Fotonya resolusinya kurang bagus ya? Nampak seperti editan photoshop ya :v Ke sana aja gan jalan-jalan bantuin #pasukanorange,” tulis pengguna Twitter di handle @versi_un.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Humas Dinas Kebersihan DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan, kali yang disebut-sebut indah bagai lukisan itu adalah Waduk Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Seniman sekaligus praktisi olah foto digital, Agan Harahap, menanggapi kecurigaan tersebut. Menurut dia, foto-foto yang diunggah Dinas Kebersihan DKI Jakarta sepenuhnya asli.

“Kurang kerjaan banget kalau cuma edit kali,” kata dia saat dihubungi KompasTekno, Rabu (14/9/2016).

Agan tak melihat ada bekas-bekas pengeditan di foto-foto yang terpampang. Terlebih, foto-foto yang diunggah Dinas Kebersihan DKI Jakarta dibidik dengan kamera standar. 

@KebersihanDKI Salah satu foto yang diunggah di akun Twitter @KebersihanDKI

Resolusi gambar rendah yang dihasilkan, kata dia, seharusnya sulit diutak-atik. Pada foto-foto yang beredar, Agan tak melihat ada tempelan pengeditan.

Meski demikian, Agan menambahkan bahwa rekayasa foto tak melulu bertumpu pada software pengolahan foto semacam Photoshop. Bisa saja gambar diambil dari angle tertentu yang menjadikan sungai lebih bersih dari kenyataannya.

“Ada elemen-elemen lain dalam memanipulasi sebuah foto,” ujarnya.

Menurut Anda, apakah foto-foto yang diunggah sudah mewakili kondisi sungai Jakarta yang sebenarnya?
Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/09/15/18515307/praktisi.photoshop.komentari.foto.sungai.jakarta

Leave a Reply