Resmi, Windows 10 Anniversary Update Bisa Di-“Download” Lewat Cara Ini

By | August 21, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Microsoft resmi meluncurkan Windows 10 “Anniversary Update” pada 2 Agustus 2016 lalu. Versi teranyar itu sekaligus menandai satu tahun usia Windows 10.

Namun, belum semua pengguna yang mendapatkan pembaruan itu. Bagi Anda yang sudah mengunduh Windows 10 selama periode gratis dari 29 Juli 2015 hingga 29 Juli 2016, update itu memang akan menyambangi perangkat secara otomatis.

Sisanya, akan disalurkan secara bertahap ke pengguna lainnya.

“Kami rolling otomatis nggak serentak. Kalau sudah tidak sabar ada tautan untuk download manual,” kata Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti pada acara “Windows 10 Anniversary” di Restoran Koi, Kemang, Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Baca: Yang Baru di Windows 10 Setelah Setahun Dirilis

Langkah pengunduhan manual itu cukup sederhana. Anda hanya perlu menekan “Start” pada perangkat lalu pilih “Settings”. Selanjutnya tekan “Update & Security”. Anda akan dibawa ke laman “Windows Update” untuk memilih opsi “Check for Updates”.

Pastikan Anda terhubung dengan internet untuk mengecek update tersebut. Hal ini akan mendesak Windows 10 diperbarui ke versi paling mutakhir.

Opsi lain untuk mengunduh secara manual bisa dilakukan dengan mengunjungi situs ini. Di sana akan ada instruksi lebih lanjut untuk mengunduh Windows 10 Anniversary Update.

Versi upgrade ini diklaim membawa 200 pembaruan pada fitur-fitur Windows 10. Beberapa yang paling digaris bawahi adalah update pada fitur Windows Hello, peramban Edge, dan pembaruan sistem keamanan berbasis layar pintar alias smartscreen. Ada juga fitur khusus untuk pekerja kreatif, yakni “Windows Ink Workspace”.

“Pokoknya semua fitur jadi lebih pintar,” ujar Linda.

Baca: 3 Fitur Khusus Windows 10 untuk Pekerja Kreatif

Pada kesempatan itu, Linda juga menegaskan bahwa periode gratis pengunduhan Windows 10 bagi pengguna Windows lawas sudah resmi ditutup. Selanjutnya pengguna harus membayar mulai 119,99 dollar AS (Rp 1,5 jutaan), sesuai kategori kebutuhan.

Selama setahun, Windows 10 sudah diunduh sekitar 350 juta kali di seluruh dunia. Linda enggan mengumbar angka spesifik di Indonesia.

Baca: Windows 10 Tak Lagi Gratis Mulai 29 Juli, Berapa Harganya?

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/08/20/13333217/resmi.windows.10.anniversary.update.bisa.di-.download.lewat.cara.ini

Leave a Reply