Samsung Resmikan Z2, “Tizen” Pertama Di Indonesia Dijual Rp 899.000

By | October 20, 2016

JAKARTA, KOMPAS.comSamsung resmi meluncurkan smartphone bersistem operasi Tizen di Indonesia pada hari ini, Rabu (19/10/2016), di Ballroom Hotel Intercontinental Mid Plaza, Jakarta.

Bertajuk “Samsung Z2″, ponsel tersebut sudah lebih dulu diperkenalkan di India pada akhir Agustus lalu.

“Z2 adalah smartphone Tizen pertama yang kami bawa ke Indonesia. Ini sudah mendukung teknologi 4G LTE,” kata Presiden Samsung Electronics Indonesia, Jaehoon Kwon, di atas panggung peluncuran.

Hal ini menunjukkan keseriusan Samsung untuk berkembang lebih mandiri dengan memakai sistem operasi Tizen 2.4 buatan Samsung sendiri. Beberapa keunggulan sistem operasi tersebut mencakup dukungan jaringan 4G di semua band, fitur penghemat data dan baterai, serta kemampuan personalisasi yang diklaim lebih membebaskan penggunanya.

Aplikasi-aplikasi yang familiar dengan netizen Tanah Air pun sudah tersedia, misalnya WhatsApp, Line, Facebook, dan Instagram. Namun, aplikasi ride-sharing yang membumi seperti Go-Jek, Grab, dan Uber, belum ada di toko aplikasi Tizen Store.

Untuk mendukung ekosistem Tizen, Samsung juga gencar menggandeng developer lokal untuk membuat aplikasi berbasis Tizen. Salah satunya dengan mengadakan kompetisi Indonesia Next App 3.0 pada Juli lalu.

Baca: Apa Itu OS Tizen di Samsung Z2, Bedanya dengan Android?

Tak seperti seri Samsung yang sudah-sudah, Z2 dibanderol dengan harga relatif murah yakni Rp 899.000. Ini dimaksudkan untuk memperluas penetrasi smartphone di Indonesia.

Dalam hal ini, para pengguna feature phone bisa beralih ke smartphone hanya dengan merogoh kocek ratusan ribu rupiah. Sesuai harganya, ponsel ini menyasar anak muda dan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Spesifikasi yang disematkan meliputi prosesor quad-core Speadtrum SC9830I, RAM 1 GB, dan memori 8 GB yang bisa diekspansi dengan memanfaatkan slot microSD. Layar ponsel sendiri dirasa cukup dengan ukuran 4 inci berteknologi TFT dan resolusi WVGA. Samsung Z2 memiliki slot kartu SIM ganda (dual SIM) GSM.

Baca: Buat Apa Samsung Bikin OS Tizen?

Untuk kamera, Z2 memercayakan pada sensor beresolusi 5 megapiksel (utama) dan VGA (selfie). Baterainya sendiri berkapasitas 1.500 mAh.

Bundling dengan Smartfren

Bersamaan dengan peluncuran Z2, Samsung juga mengumumkan bundling dengan operator Smartfren melalui paket “Smartplen Galaxy Double Quota”. Dengan harga Rp 899.000, pengguna sekaligus mendapat kartu perdana Smartfren.

Lalu, pengguna bisa isi pulsa minimum Rp 20.000 sebelum tujuh hari setelah aktivasi. Dengan pulsa yang diisi, pengguna berhak mendapat bonus kuota data dua kali lipat dan berlaku hingga 12 bulan.

Baca: Berikut Spesifikasi Tizen Samsung Z2

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/10/19/14153107/samsung.resmikan.z2.tizen.pertama.di.indonesia.dijual.rp.899.000

Leave a Reply