Seperti IPhone, Ponsel Xiaomi Makin Merosot

By | August 1, 2016

KOMPAS.com – Tak cuma penjualan ponsel Xiaomi, juga terus merosot dari segi bisnis smartphone.

Sejak kuartal pertama tahun ini Lenovo tergantikan oleh Oppo dan Vivo.

Kini, performa bisnis Xiaomi kembali terpeleset. Penjualan lini ponselnya turun lebih dari 30 persen, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (16/8/2016).

Jika kuartal kedua 2015 Xiaomi pada periode ini, beserta angka riil penjualan produknya.

Yang jelas, Vivo yang menempati posisi kelima sebagai penjual smartphone terbesar hanya meraup market share 4,8 persen. Xiaomi sendiri tergabung dalam daftar vendor “dan lain-lain” yang urutannya di luar lima besar. Gabungan itu menyumbang market share 45,1 persen.

Berjaya cuma sebentar

Fakta ini bisa dibilang ironis, sebab Xiaomi pernah memimpin industri ponsel di China selama beberapa kuartal. Kejayaannya ternyata tak bertahan lama.

“Dulu, Xiaomi yang memulai tren penjualan ponsel lewat online. Vendor lainnya kemudian mengikuti cara itu dan berhasil menciptakan brand online baru,” kata analis senior dari IDC APAC, Xiaohan Tay.

Belajar dari kasus Xiaomi, Tay mengatakan vendor-vendor yang sekarang baru menanjak perlu waspada. Khalayak modern agaknya cepat beralih kebiasaan dan ketertarikan.

Oppo, kata dia, saat ini menduduki posisi keempat berkat berbagai strategi pemasaran yang salah satunya menggaet selebriti sebagai brand ambassador. Tak menutup kemungkinan strategi Oppo diimplementasikan dan dimodifikasi vendor lain dengan hasil lebih maksimal.

“Vendor-vendor menyaksikan kesuksesan Oppo lewat R9. Mereka pun mulai merekrut para selebriti untuk mendukung produk mereka,” ia menjelaskan.

Belum jelas apakah pangsa pasar Apple, Huawei, Oppo, dan Vivo.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/08/16/16483637/seperti.iphone.ponsel.xiaomi.makin.merosot

Leave a Reply