Syarat “Aneh” Pemakaian IPhone 7 Setelah Dicemplung Ke Air

By | September 23, 2016

KOMPAS.com – Lini Apple yang dibenamkan kemampuan anti-air alias water-resistant. Bersertifikasi IP67, seri iPhone teranyar tahan direndam selama 30 menit di kedalaman air 1 meter.

Rangkaian tes sudah membuktikan kemampuan tersebut. Meski demikian, ada syarat yang lumayan aneh setelah smartphone dicemplung: pengguna tak boleh mengisi dayanya hingga 5 jam ke depan.

Hal tersebut tercantum pada dokumen resmi iPhone 7 di situs support.apple.com, sebagaimana dilaporkan Softpedia dan dihimpun KompasTekno, Rabu (21/9/2016).

“Jika iPhone 7 atau iPhone 7 Plus terkena air, cabut semua kabel dan jangan charge sampai perangkat benar-benar kering. Menggunakan aksesori atau mengisi daya selagi ponsel basah bisa membahayakan iPhone. Beri waktu setidaknya 5 jam sebelum mengisi daya atau menghubungkan perangkat dengan aksesori Lightning,” begitu tertera di pernyataan resmi.

Baca: Baru Dibeli, iPhone 7 Langsung Disiksa

Jika menilik ke perangkat buatan vendor lain yang juga anti-air, tak pernah ada syarat menunggu hingga 5 jam. Misalnya saja Samsung Galaxy S7 dan Galaxy Note 7 yang bisa langsung ditusuk kabel charger setelah direndam ke air dan dilap agar tak terjadi korsleting.

Selain itu, perlu diketahui bahwa Apple tak memberi garansi jika iPhone 7 rusak karena terendam air. Pabrikan Cupertino itu mengatakan water-resistant disematkan untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya saat pengguna kehujanan atau iPhone tak sengaja terjatuh di genangan air dalam waktu singkat.

Pengguna tak dianjurkan untuk membawa iPhone 7 berenang ke laut atau sengaja menjatuhkannya ke dalam kolam. Apple juga mengatakan risiko bahaya air pada iPhone akan meningkat seiring dengan pemakaian normal.

Jadi, semakin tua iPhone 7, risiko rusak karena air semakin besar. Dengan kata lain, performa sertifikasi IP67 bisa menurun sesuai dengan umur ponsel.

Apple menghadirkan duet iPhone 7 dan 7 Plus dengan beberapa pembaruan. Tak cuma soal water-resistant, tapi juga desain yang kini punya varian warna jet black dan matte black, kamera berlensa ganda untuk varian Plus, multi-fungsi port Lightning menggantikan jack, baterai lebih jumbo, serta peningkatan spesifikasi lainnya.

Baca: Dibanting, Lebih Kuat iPhone 7 atau iPhone 6S?

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/09/21/11430047/syarat.aneh.pemakaian.iphone.7.setelah.dicemplung.ke.air

Leave a Reply